INFO YUDISIUM UNTUK MAHASISWA FBS UNY

Halo guys..Aku pribadi rasa ngurus yudisium di FBS UNY agak ribet, jadi aku pengen berbagi beberapa info dan tips buat kalian yang nantinya bakal ngurus yudisium juga. Info dan tips ini aku dapat dari pengalaman sendiri dan curhatan temen-temen yang lain. Info dan tips ini khusus buat jurusan PBI, tapi mungkin juga bisa diterapkan di jurusan bahkan fakultas lain.Panduan yudisium sebenarnya ada di dekanat masing-masing, tapi realitasnya jauh lebih kompleks dan detail dari yang tertulis. Take a look.
1. Buatlah lembar approval (persetujuan) dan ratification (pengesahan) yang banyak. Kemaren aku buat masing-masing enam rangkap. Buat apa? Buat back up, dan bahkan ada temenku yang ngurus keringanan biaya wisuda dengan lembar-lembar ini.
2. Khusus PBI, jangan lupa bikin thesis summary dan e-journal beserta approvalnya. Dan juga abstrak dengan format ISO. Thesis summary dan e-journal akan dikompilasikan dengan thesismu di CD yang akan dikumpul di jurusan, sedangkan print out abstrak format ISO akan disertakan di map yang akan di kumpul di dekanat. Formatnya? Tanya teman/senior yang udah pernah buat sebelumnya. You can contact me anyway.
3. Revisi diurus secepat mungkin karena gak semua dosen bisa langsung ACC. Apalagi buat kamu yang mengejar yudisium/wisuda periode terdekat, kudu wani nggetih ngelembur. Terlebih, kadang revisian udah selesai tapi dosen susah ditemui untuk hanya sekedar tandatangan ratification sheet. It happens so many times.
4. Untuk tandatangan ratification sheet, urutannya dari penguji 1, penguji 2, ketua, lalu sekretaris. Kalo kepepet, bisa tanya dosen yang bersangkutan apakah bisa “melangkahi” dosen lain. Beberapa bisa, tapi kebanyakan nggak.
5. Udah rampung urusan approval sama ratification, langsung lanjut discan dan lampirkan di jilidan skripsimu. Saranku, booking tempat penjilidan skripsi danpembuatan CD beberapa hari sebelumnya, jadi pas ntar approval sama ratification jadi, tinggal ditambahin aja. Meringkas pekerjaan.
6. CD ada tiga: buat perpus pusat, perpus fakultas, dan jurusan. Buat perpus pusat dan fakultas, isi CDnya adalah thesismu, format Ms.Word dan PDF. Untuk jurusan, isi CD adalah skripsi, thesis summary, dan e-journal. Formatnya juga Ms.Word dan PDF.
7. CD dibungkus di Kotak CD yang bentuknya persegi panjang, sampul depannya adalah sampul skripsi kita, dan sampul belakangnya adalah judul skripsi, nama, nim, abstrak. Karena gak ada detail tentang bungkus CD, kemaren aku beli yang bentuk lain. Pertimbangannya? Lebih murah dan kotake ra kanggo bar dijipuk CDne. And it’s wrong.
8. Jangan lupa ambil surat pengantar yudisium, checklist jurusan, dan form data diri di kantor Sastra Inggris.
9. Kalo skripsi jilidan dan CD udah jadi, langsung ke perpus fakultas ntar dapet surat penyerahan skripsi dan bebas perpus. Trus ke kantor jurusan serahkan berkas yang ada di CHECKLIST jurusan. Setelah itu, ke dekanat ngurus nilai dan DHS. DHS difotokopi dua rangkap dan dilgalisir ke kasubbag pendidikan.
10. Kalo urusan legalisir ke kasubbag belum selesai karena mungkin kasubbagnya lagi gak di tempat, kamu langsung ke perpus pusat aja. Di perpus pusat kamu serahkan CD dan bayar bebas perpus 25k.
11. Kalo udah ke perpus pusat, kamu udah bisa ngisi formulir online yudisium dan bisa bayar biaya wisuda. Kalo udah bayar, kamu sebenarnya sudah “aman”. Berkas yeyelala bisa menyusul.
12. Jangan lupa pas online, CATET nomor di bagian pembayaran yudisium. Nomor ini dipake buat transaksi pembayaran di bank.Jangan lupa ke IKA UNY buat daftar alumni dan ngecap bukti pembayaran di bank.
13. Khusus beasiswa bidikmisi, kerjasama, atau beasiswa endorsan lain (((endorsan))), jangan lupa liat bagian pembayaran di formulir online siakad. Kalo di bagian pembayarannya udah warna ijo semua, yowes. Tapi ada kasus di bagian pembayaran wisudanya masih merah. Nah untuk mengatasinya, kamu harus ke bagian keuangan rektorat lantai tiga sayap barat. Nanti di sana dibuatin surat untuk kemudian diserahkan kebagian akademik rektorat lantai satu sayap timur. Setelah itu yang merah bakal jadi ijo juga kok.
14. Untuk PBI, jangan lupa sumbangan buku ke bu Jameela. Sumbangan dalam bentuk uang. Nanti kamu bakal dikasih list buku dan harganya. Tinggal pilih aja sis. Range harga antara 30k-ratusan ribu. Sing murah waeee.
15. Kalo udah, langsung masukkan berkas yang dibutuhkan ke map dan kumpulkan ke dekanat. Saranku, beli binder yang khusus buat klasifikasi berkas (Clear Holder), biar tertata dan surat-suratmu gak kelipet. Aku beli yang merk InterX di toko merah, harganya sktar 40k.(bukan endorse). Warnanya merah, warna kesukaanku (ra penting).

Sekian. Semoga bermanfaat masbroooo!!!

2 komentar:

Alfredd said...

terima kasih mas, sangat membantu :D

Unknown said...

Segera menyusul mas :D

Post a Comment

 
;